Friday, July 19, 2024
HomeBANTENPemekaran Kabupaten Kota Baru di Banten

Pemekaran Kabupaten Kota Baru di Banten

Potretbanten – Pemerintah Provinsi Banten merencanakan pemekaran Kabupaten dan Kota yang ada di Banten, salah satunya di Lebak dan Pandeglang. Terhambatnya rencana ini dikarenakan adanya biaya yang belum terealisasi.

Ada 5 Kabupaten Kota yang akan menjadi daerah otonomi baru di Banten.

  • Kabupaten Caringin

Dibentuk dari pemekaran Kabupaten Pandeglang, yang memiliki 7 Kecamatan yang ikut serta masuk ke wilayah Caringin, yaitu Kecamatan Labuan, Pagelaran, Sukaresmi, Patia, Cikedal, Carita dan Kecamatan Jiput.

  • Kabupaten Cilangkahan

Pemekaran dari Kabupaten Lebak bagian selatan, Kabupaten Cilangkahan Ada 10 Kecamatan yang akan masuk ke Cilangkahan, yaitu Kecamatan Cihara, Panggarangan, Malingping, Bayah, Cibebeber, Cilograng, CIjaku, Cigemblong, Banjarsari, dan Wanasalam.

  • Kabupaten Cibaliung

Pemekaran dari Kabupaten Pandeglang juga, Kabupaten Cibaliung memiliki delapan Kecamatan yang ikut serta masuk ke wilayah Cibaliung. Yaitu Kecamatan Cibaliung, Sumur, Cimanggung, Cibitung, Cikeusik, Cigeulis, Panimbang dan Sobang. Ibukota berada di Cibaliung.

  • Kota Tangerang Tengah

Kota Tangerang tengah akan mencakup 5 Kecamatan yaitu Kecamatan Curug, Kelapa Dua, Legok, Pagedangan, dan Kecamatan Ciasuk

  • Kabupaten Tangerang Utara

Pemekaran dari Kabupaten Tangerang, Kabupaten Tangerang Utara mencakup 13 Kecamatan yang akan bergabung ke Kabupaten ini, yaitu Kecamatan Kosambi, Teluknaga, Pakuhaji, Sepatan, Sepatan Timur, Mauk, Kemiri, Kronjo, Mekar Baru, Gunung Kaler, Kresek, Sukamulya, dan Kecamatan Sukadiri.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments