Sunday, July 21, 2024
HomeBANTENFenomena Berdagang Secara Daring Lebih Cepat Datangkan Cuan

Fenomena Berdagang Secara Daring Lebih Cepat Datangkan Cuan

Zhi (39) sibuk mempersiapkan sebuah handphone dan tripod saat ditemui potretbanten.com ke toko olshopnya
di daerah Tangerang Selatan. Kedua bekal itu jadi senjata bagi Zhi menjajakan dagangannya lewat live streaming.

Fenomena berdagang secara daring atau bisa disebut live streaming sales , makin banyak digemari usai pandemi COVID-19 menyebar ke seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Bila diingat kembali, pandemi memaksa seluruh aktivitas di luar ruangan berhenti. UMKM pun memutar otak, mencari cara agar tetap bertahan.

Perlahan media sosial beralih jadi tempat mencari cuan. Rupanya, sistem pemasaran baru ini diterima baik oleh masyarakat. UMKM cukup menyediakan handphone dan tripod untuk menjual produknya.

“Waktu Covid-19 pada tahun 2020, Omset dagangan turun karena memang keadaan di Indonesia bahkan di dunia emang bener-bener sangat kacau, keuangan jadi gak stabil. Tapi saya selalu konsisten, sampai akhirnya keadaan keuangan sudah mulai membaik. Langsung saya makin rutin Live Sreaming dibeberapa aplikasi, contohnya di Marketplace NiagaTani.id, Shopee, Instagram, sama di Tiktok. Saya juga rajin untuk upload produk saya di Marketplace NiagaTani.id, karena pasarannya selain untuk umum juga untuk instansi pemerintah, saya mencoba keuntungan berjualan di Marketplace NiagaTani,”ucap Zhi pedagang online shop.

Dalam sehari Zhi mengaku live streaming ini biasanya dilakukan 4 kali sehari dalam durasi 2 jam.

“Ya pokoknya sehari 4 kali dari jam 10 pagi sampai jam 12 siang,  jam 1 siang sampai 3 sore, jam 4 sore sampai jam 6 petang, terus malamnya jam 8 sampai jam 10 malam. Harus ada jeda untuk istirahat soalnya kan capek juga berbicara depan HP, selama ini masih live sendiri soalnya belum ada karyawan.”jelasnya.

Omzet dari live streaming sales ini mendapatkan kenaikan yang cukup besar jika dibandingkan dengan berdagang offline.

“Banyak terjual itu biasanya dari online atau dari live shopping, jadi kalau lebih banyak penjualannya itu dari online live shopping-nya kita, ya keuntungannya dari omzet kira-kira naik 50 persen, live shopping ini sangat memudahkan ya jadi pembeli hanya liat kita di live terus tinggal klik keranjang, terus kita pedangang tinggal packing barang yang akan dikirim, sebelumnya juga saya cek barang dengan keadaan bagus, lalu packingnya rapi, pokoknya servis pembeli biar gak ngecewain”kata Zhi.

Terlihat Zhi sedang menjajakan dagangannya lewat Live Streaming menggunakan alat tripod dan HP miliknya. Kamis (17/8/2023).potretbanten.com/Leoni.

 

 

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments