Sunday, July 21, 2024
HomeEKONOMIBegini Cara Agar UMKM Bisa Bersaing Di E-Commerce Lokal

Begini Cara Agar UMKM Bisa Bersaing Di E-Commerce Lokal

Ada berbagai metode belanja yang saat ini digandrungi, salah satunya berbelanja online melalui platform e-commerce. Menurut Asosiasi E-Commerce Indonesia (IdEA), sebanyak 11 juta UMKM di Indonesia sudah menjajaki e-commerce sebagai lapak usahanya hingga Juni 2022 lalu.

Data tersebut menunjukkan bahwa penetrasi internet berpengaruh terhadap masyarakat yang kini ‘melek’ dengan penggunaan e-commerce dalam hal belanja. Oleh sebab itu, ini merupakan peluang besar bagi UMKM untuk mulai merambah ke platform e-commerce.

Tentu dengan kebebasan dan kemudahan dalam berjualan tersebut, para pelaku usaha UMKM memiliki banyak pesaing. Lalu apa yang bisa dilakukan agar produk UMKM Anda bisa menonjol dan bersaing di ranah e-commerce? Simak penjelasan berikut:

1. Perkuat brand image

Layaknya pasar bebas, e-commerce memberikan lapak tak terbatas bagi pelaku usaha. Maka dari itu, untuk bisa bersaing Anda perlu memiliki karakter dan image dari produk yang berbeda dengan kompetitor. Hal ini bisa dimulai dari nama, warna-warna yang dominan, dan logo yang menarik agar mudah diingat oleh pembeli. Anda juga perlu mengenal target pembeli dan sesuaikan platform e-commerce mana yang cocok dengan target dan profil usaha Anda agar memiliki pembeli yang tepat. Selain itu, foto produk pun menjadi hal pertama yang dilihat oleh pembeli. Anda perlu memiliki foto produk yang kualitasnya baik dan menarik dari segi visual untuk menarik pembeli berbelanja di lapak Anda.

2. Promosi

Tidak ada yang lebih disukai pembeli selain promosi yang menguntungkan. Anda bisa memanfaatkan berbagai promosi yang ada di e-commerce seperti promosi di bulan dan tanggal yang sama (7.7, 10.10), memberikan voucher diskon, dan mengikuti promosi Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional).

3. Gunakan jasa logistik yang tepat

Pilih partner jasa logistik dan kurir yang sudah terpercaya, sebab pembeli tentu ingin produk yang sudah dibeli sampai dengan sempurna di depan pintu mereka. Hal ini penting untuk menghindari keterlambatan paket pengiriman, dan komunikasi yang buruk antara kurir dan pembeli sehingga menimbulkan rasa kecewa terhadap produk Anda.

4. Metode pembayaran yang mudah

Berikan kemudahan pembeli saat check out produk Anda dengan memberikan opsi pembayaran yang bervariasi. Seperti dompet digital, transfer, atau bahkan dengan menerapkan sistem cash on delivery (COD). Cara ini dapat menguntungkan sehingga pembeli tidak meninggalkan keranjang belanja begitu saja dan memutuskan untuk membeli produk Anda dengan mudah.

5. Berikan layanan terbaik

Anda perlu memanfaatkan fitur ulasan pembeli agar rating toko anda meningkat. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan pelayanan terbaik Anda sebagai pelaku UMKM seperti merespon yang cepat, tanggap, dan ramah terkait informasi produk, pertanyaan, dan keluhan pembeli. Dalam Bisnis Selain itu, Anda juga bisa mengemas produk dengan menarik sehingga meninggalkan pengalaman yang berkesan bagi pembeli untuk memberikan ulasan yang positif di toko Anda.

Tentu ada banyak faktor lain yang mendukung agar produk Anda dapat bersaing, akan tetapi kelima hal tersebut penting untuk diimplementasikan pada usaha UMKM yang Anda miliki saat bergabung di e-commerce agar mampu bersaing dengan kompetitor.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments