Sunday, July 21, 2024
HomeBANTENBeberapa Titik di Lebak dan Pandeglang Mengalami Bencana Banjir dan Longsor

Beberapa Titik di Lebak dan Pandeglang Mengalami Bencana Banjir dan Longsor

Potretbanten – Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banten diterjunkan langsung oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten untuk ke lokasi bencana banjir dan tanah longsor dibeberapa titik di Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang. Hal tersebut merupakan arahan dari PJ Gubernur Banten Al Muktabar, Selasa (3/1/2023).

Menurut Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Provinsi Banten Nana Suryana, dirinya langsung menerjunkan tim sebanyak 12 orang untuk evakuasi terhadap masyarakat yang menjadi korban serta membuka akses jalan pada titik terjadinya bencana, serta membawa peralatan perahu karet dan yang lainnya.

“Tidak hanya dari BPBD Provinsi, kita juga berkolaborasi dengan personel BPBD Kabupaten Lebak, relawan kebencanaan termasuk juga TNI dan Polri. Kita sudah buka Posko di sana,” katanya.

Menurut data dari BPBD, ada beberapa lokasi di Kabupaten Lebak yang mengalami bencana tanah longsor seperti di Kampung Palendeng, Desa Sindangwangi, Kecamatan Muncang. Kemudian di Cibeunyer Hilir, Desa Parakan Beusi, Kecamatan Bojongmanik dan di Desa Parahiang, Kecamatan Leuwidamar.

Sedangkan di Desa Kesik, Desa Cidahu, dan Desa Ciruji, Kecamatan Banjarsari. Desa Gunung Anten, Desa Girimukti, Desa Inten Jaya, dan Desa Jayasari, Kecamatan Cimarga dan Desa Kalanganyar, Kecamatan Kalanganyar, megalami bencana banjir.

Sementara itu ada juga bencana pergeseran tanah di Kampung Pajagan Desa Cimayang, Kecamatan Bojongmanik dan di Desa Kujangsari, Kecamatan Cileles, serta pohon tumbang di Desa Cimarga, Kecamatan Cimarga dan di blok curahem ruas jalan Rangkasbitung-Malingping, Kecamatan Gunung Kencana.

Sedangkan menurut data sementara BPBD untuk titik di Kabupaten Pandeglang, yaitu di dua Kecamatan, Kecamatan Sindangresmi yang meliputi Desa Ciodeng dan Desa Pasirtenjo. Serta di Desa Cimanggu, Kecamatan Cimanggu, mengalami bencana longsor.

Di Kampung Rancawalang, Desa Manglid, Kecamatan Cibitung, satu pohon tumbang akibat hujan deras. Kampung Sukamaju, Kampung Renghas, Kampung Karet, Kampung Jalupang Desa Citeureup. Di kampung Sawah, Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang mengalami banjir akibat hujan deras.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments